Menurut beberapa ahli cabang-cabang ilmu pendidikan terklasifikasi kedalam sebagai berikut :
M.J. Langeveld (1952) mengklasifikasikan cabang ilmu pendidikan sebagaui berikut:
1. Ilmu mendidik teoritis
a. Ilmu pendidikan sistematis
b. Sejarah pendidikan
c. Ilmu perbandingan pendidikan
2. Ilmu Mendidik praktis
a. Didaktik/metodik
b. Pendidikan keluarga
c. Pendidikan keagamaan
Redja Mudyahardjo (1998) mengklasifikasi sebagai berikut :
1. Ilmu pendidikan makro
a. Ilmu pendidikan administratif
b. Ilmu pendidikan historis
c. Ilmu pendidikan kependudukan
2. Ilmu pendidikan mikro
a. Ilmu mendidik umum
• Pedagogik teoritis
• Ilmu pendidikan psikologis
• Ilmu pendidikan sosiologis
• Ilmu pendidikan ekonomik
b. Ilmu mendidik khusus
• Ilmu persekolahan
a. Ilmu administratif sekolah
b. Ilmu administrasi kelas
c. Ilmu kegiatan pendidikan sekolah
Ilmu bimbingan
Ilmu pengajaran (didiaktik/metodik)
Ilmu kepelatihan
• Ilmu pendidikan luar sekolah
a. Pedagogik keluarga
b. Pedagogik taman kanak-kanak
c. Ilmu pendidikan masyarakat (andragogi)
• Orthopedagogik
a. Ortho pedagogikFisik
b. Orthopedagogik mental
Madjid Noor(200) dalam pendidikan sebagai ilmu dan seni Waini R dan Babang R, dalam arti luas ilmu pendidikan meliputi segi-segi,filsafat,seni,ilmu,teknologi dan agama. Cabang-cabang ilmu pendidikan meliputi :
1. Ilmu Pendidikan Teoritis, yang mencakup :
a. Ilmu Pendidikan Sistematis (mengsitematiskan konsep-konsep dan teori-teori yang dikembangkan oleh seluruh cabang ilmu pendidikan; mencakup pedagogik teoritis/sistematis
b. Filsafat Pendidikan
c. Sejarah Pendidikan
2. Ilmu pendidikan praktis
a. Seni Mendidik
b. Bimbingan dan Penyuluhan (termasuk Mental Health)
c. Pengemabangan kurikulum/pengajaran (meliputi Didaktik/Metodik, metologi pengajaran, model-Model Menajar, Teori Kurikulum)
d. Pedagogik meliputi Pendidikan TK, SD, dan SMP, pendidikan/bimbingan di keluarga dan lembaga-lembaga keagamaan
e. Andragogi (pendidikan luar sekolah, pendidikan masyarakat)
f. Gerogogi
g. Orthopedagogik(Fisik dan Mental)
h. Pendidikan agama
i. Pendidikan Kepribadian/Watak/Ahklaq
j. Pendidikan intelektual
k. Pendidikan jasmani
l. Pendidikan kesenian]
m. Pendidikan wirausaha
n. Pendidikan menurut bidang studi berhubungan dengan mata pelajaran di SMA seperti IPA, Matematika, IPS, Bahasa dan lain-lain
o. Ilmu pendidikan yang dikembangkan dengan bekerja sma dengan ilmu lain atau sebagai hasil pengkaitan ilmu lain mengenai masalah-masalah pendidikan seperti:
• Economic of Education
• Educational Adiministrasi
• Psychology of education
• Sosiology of education
• Technology of education
• Educational Research and Statistic
• Social Psychlogy of Education
• Antrhopology of Education
• Sex Education
• Population Education
• Educational Planning Educational Evaluation
• Politics of Education
• Dan sebagainya yang sesuai dengan perkembangan IPTEK serta seni
Cabang-cabang ilmu pendidikan dalam buku landasan pendididikan dengan judul pendidikan sebagai ilmu dan seni oleh Waini Rasyidin serta Babang Robandi
Sumber/Referensi
Untuk bahasan serta pemahaman yang lebih baik silahkan anda baca buku Landasan Pendidikan.
SUB KORDINATOR MKDP LANDASAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2007.
Landasan Pendidikan, Tim Dosen MKDP Landasan Pendidikan UPI,2007
Sumber : http://gapurapangarti.blogspot.com/
M.J. Langeveld (1952) mengklasifikasikan cabang ilmu pendidikan sebagaui berikut:
1. Ilmu mendidik teoritis
a. Ilmu pendidikan sistematis
b. Sejarah pendidikan
c. Ilmu perbandingan pendidikan
2. Ilmu Mendidik praktis
a. Didaktik/metodik
b. Pendidikan keluarga
c. Pendidikan keagamaan
Redja Mudyahardjo (1998) mengklasifikasi sebagai berikut :
1. Ilmu pendidikan makro
a. Ilmu pendidikan administratif
b. Ilmu pendidikan historis
c. Ilmu pendidikan kependudukan
2. Ilmu pendidikan mikro
a. Ilmu mendidik umum
• Pedagogik teoritis
• Ilmu pendidikan psikologis
• Ilmu pendidikan sosiologis
• Ilmu pendidikan ekonomik
b. Ilmu mendidik khusus
• Ilmu persekolahan
a. Ilmu administratif sekolah
b. Ilmu administrasi kelas
c. Ilmu kegiatan pendidikan sekolah
Ilmu bimbingan
Ilmu pengajaran (didiaktik/metodik)
Ilmu kepelatihan
• Ilmu pendidikan luar sekolah
a. Pedagogik keluarga
b. Pedagogik taman kanak-kanak
c. Ilmu pendidikan masyarakat (andragogi)
• Orthopedagogik
a. Ortho pedagogikFisik
b. Orthopedagogik mental
Madjid Noor(200) dalam pendidikan sebagai ilmu dan seni Waini R dan Babang R, dalam arti luas ilmu pendidikan meliputi segi-segi,filsafat,seni,ilmu,teknologi dan agama. Cabang-cabang ilmu pendidikan meliputi :
1. Ilmu Pendidikan Teoritis, yang mencakup :
a. Ilmu Pendidikan Sistematis (mengsitematiskan konsep-konsep dan teori-teori yang dikembangkan oleh seluruh cabang ilmu pendidikan; mencakup pedagogik teoritis/sistematis
b. Filsafat Pendidikan
c. Sejarah Pendidikan
2. Ilmu pendidikan praktis
a. Seni Mendidik
b. Bimbingan dan Penyuluhan (termasuk Mental Health)
c. Pengemabangan kurikulum/pengajaran (meliputi Didaktik/Metodik, metologi pengajaran, model-Model Menajar, Teori Kurikulum)
d. Pedagogik meliputi Pendidikan TK, SD, dan SMP, pendidikan/bimbingan di keluarga dan lembaga-lembaga keagamaan
e. Andragogi (pendidikan luar sekolah, pendidikan masyarakat)
f. Gerogogi
g. Orthopedagogik(Fisik dan Mental)
h. Pendidikan agama
i. Pendidikan Kepribadian/Watak/Ahklaq
j. Pendidikan intelektual
k. Pendidikan jasmani
l. Pendidikan kesenian]
m. Pendidikan wirausaha
n. Pendidikan menurut bidang studi berhubungan dengan mata pelajaran di SMA seperti IPA, Matematika, IPS, Bahasa dan lain-lain
o. Ilmu pendidikan yang dikembangkan dengan bekerja sma dengan ilmu lain atau sebagai hasil pengkaitan ilmu lain mengenai masalah-masalah pendidikan seperti:
• Economic of Education
• Educational Adiministrasi
• Psychology of education
• Sosiology of education
• Technology of education
• Educational Research and Statistic
• Social Psychlogy of Education
• Antrhopology of Education
• Sex Education
• Population Education
• Educational Planning Educational Evaluation
• Politics of Education
• Dan sebagainya yang sesuai dengan perkembangan IPTEK serta seni
Cabang-cabang ilmu pendidikan dalam buku landasan pendididikan dengan judul pendidikan sebagai ilmu dan seni oleh Waini Rasyidin serta Babang Robandi
Sumber/Referensi
Untuk bahasan serta pemahaman yang lebih baik silahkan anda baca buku Landasan Pendidikan.
SUB KORDINATOR MKDP LANDASAN PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2007.
Landasan Pendidikan, Tim Dosen MKDP Landasan Pendidikan UPI,2007
Sumber : http://gapurapangarti.blogspot.com/